RSS

Info Kesehatan Tentang Tanda - Tanda Serangan Jantung

1. Tanda - Tanda Serangan Jantung


Keluhan dan gejala serangan jantung berbeda untuk satu orang dengan yang lain. Bagi wanita dan orang tua,terlebih bila disertai dengan diabetes,maka gejalanya akan lebih ringan,bahkan tanpa keluhan atau symptomless, yang dinamakan silent infraction. Akan tetapi bagi orang lainnya,gejala bisa demikian hebat dan jelas.

2. Tanda tanda suatu serangan jantung pada umumnya adalah sebagai berikut :

a. Rasa Tertekan,nyeri,perih atau mencengkram di daerah dada,berlangsung selama beberapa menit.
b. Nyeri dada menjalar ke bahu kiri,lengan atas,punggung bahkan sampai ke dagu dan gigi.
c. Nyeri dada yang makin lama makin sering.
d. Nyeri bisa juga timbul di perut bagian atas.
e. Sesak napas.
f. Berkeringat banyak.
g. Pusing, terasa ringan seperti mau pingsan.
h. Mual dan muntah.

Keluhan -keluhan di atas semakin banyak, bila sedang melakukan aktivitas, dan berkurang setelah berisritahat.

Ingat Faktor Resiko

sebenarnya anda bisa mencegah atau menghambat timbulnya penyakit jantung koroner.Perhatikan faktor faktor risiko yang dapat menimbulkan penyumbatan pembuluh darah koroner sebagai berikut, 4 faktor yang disebut pertama tidak bisa dihindari,sedangkan faktor ke 5 dan seterusnya haru bisa anda jauhi dan atasi.

3. Faktor yang tidak bisa dihindari :

A. Jenis kelamin. PJK lebih banyak didapattkan pada pria. Namun setelah usia menopause,kemungkinan wanita terkena memnjadi sama dengan pria.
B. Keturunan. Bila dalam keluarga ada yang mengidap hipertensi atau punya kolesterol yang tinggi, maka anda juga mudah mengalaminya. dan kecendrungan terkena PJK menjadi lebih besar.
C. Ras. Orang berkulit hitam.hispanik.indian.atau kulit berwarna lainnya lebih mudah terkena sakit jantung dan tekanan darah tinggi daripada bangsa kulit putih.
D. Usia. di atas 65 tahun, anda lebih mudah mengalami PJK.

4. 
Faktor yang dapat anda hindari :

A. Merokok. Kebiasaan merokok membuat pembuluh darah menyempit dan mudah rusak.
B.Tekanan darah tinggi. Hipertensi nmenimbulkan arteriosklerosis dan kerusakan pembuluh darah koroner.
C. Kolesterol. kolesterol yang tinggi, terutama kolesterol yang jahat (kolesterol LDL),dapat menumpuk pada   dinding pembulu darah sehingga terjadi plak yang menyumbat.
D. Diabetes gula darah yang tidak terkontrol dengan baik memicu timbulnya PJK.
E. Obesitas. Berat badan yang berlebihan membebani jantung meningkatkan kemungkinan hipertensi, kolesterol yang tinggi, serta diabetes.
F. Kurang olahraga. Bila anda kurang bergerak badan, kemungkinan terkena sakit jantung menjadi lebih besar.
G. Alkohol kebanyakan alkohol menaikkan tekanan darah dan trigliserida darah,sehingga mudah jadi sakit jantung.
H. Stres.Orang yang stres mudah kena jantung. Terlebih bila di barengi dengan banyak makan dan merokok.

5. Mengobati Penyakit Jantung Koroner


 Yang paling penting adalah mengubah gaya hidup! Mulailah dengan diet rendah lemak dan banyak serat. Jauhi lemak jenuh atau Lemak *Jahat* , tiap hari haurs ada buah dan sayur, biasakan makan ikan minimum 3 - 4 kali dalam satu minggu. anda juga harus menghentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol.Berolahragalah secara teratur setiap hari, lakukan 30 menit dalam sehari.

    Obat yang diberikan adalah :
1. Obat yang menurunkan Kolesterol. Obat ini menurunkan kolesterol LDL atau lemak yang jahat, dan menaikkan kolesterol HDL atau lemak yang baik di dalam darah.

2. Aspirin. Aspirin atau obat sejenisnya bisa "mengencerkan" darah, menghalangi pembentukan pembekuan darah yang menyumbat pembuluh darah koroner.
3. Obat hipertensi. Menurunkan tekanan darah,mengurangi beban bagi jantung, dan melebarkan pembuluh darah.
4. Nitrogliserin. Bisa berbentuk tablet,semprot hidung, atau yang di tempel di dada, Mengurangi nyeri dada dengan melebarkan pembuluh darah koroner.

Ketika obat tidak berhasil mengatasi penyumbatan pembuluh darah  koroner,maka perlutindakan coronary angioplasty, dengan memasang ring atau stent. Bahkan,Pembedahan coronary by pass dilakukan,dengan mengganti pembuluh darah dari lengan atau tungkai bawah.


6. Pesan untuk anda


Bila jantug masih sehat, anda dapat mencegah timbulnya penyakit jantung koroner dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut. Apabila sudah terkena PJK, langkah langkah tadi juga bermanfaat untuk menghambat berkembangnya penyakit,agar PJK tidak menjadi lebih parah.










  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar